CARA MENGATASI ASAM URAT

Penyebab asam urat tinggi selain makanan juga bisa dari faktor eksternal yang tidak bisa anda duga sebelumnya. Asam urat merupakan bahan kimia yang dihasilkan ketika tubuh memecah zat yang disebut purin. Purin dapat ditemukan dalam beberapa makanan dan minuman seperti hati, ikan asin, ikan kembung, kacang kering dan kacang polong, dan bir. Setelah diproduksi, asam urat akan akan larut dalam darah dan melewati ginjal, lalu sebagian besar meninggalkan tubuh ketika buang air kecil.

CARA MENGATASI ASAM URAT

Jika tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat atau ginjal tidak dapat mengeluarkan asam urat dengan cepat, akan menimbulkan dampak bagi kesehatan. Gangguan kesehatan akibat tingginya tingkat asam urat dalam darah yang disebut hyperuricemia. Tingkat asam urat yang tinggi dapat menyebabkan serangan gout, tetapi tidak semua orang yang memiliki asam urat yang tinggi mendapat gout, dan tidak semua orang dengan gout memiliki asam urat yang tinggi.

Penyakit asam urat atau encok adalah bentuk dari penyakit arthritis yang menyebabkan kemerahan, pembengkakan, dan rasa sakit yang datang secara tiba-tiba pada sendi tubuh Anda. Jempol kaki merupakan bagian yang paling sering terkena asam urat, tetapi encok juga dapat memengaruhi sendi lain di kaki, seperti lutut, pergelangan kaki, telapak kaki. Asam urat juga kadang terjadi di lengan, tangan, pergelangan tangan, dan siku. Tulang belakang juga bisa terkena meskipun jarang.

Meski termasuk penyakit kronis, encok ini bisa disembuhkan dan dicegah agar tidak kambuh. Kondisi ini dapat dikelola dengan mengurangi beberapa faktor gaya hidup. Silakan diskusikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut. Cara mengetahui kadar asam urat dalam tubuh adalah dengan melakukan tes sample darah yang diambil dari vena yang terletak di bagian dalam siku atau bagian belakang tangan. Nilai normal kadar asam urat dalam tubuh pria berkisar antara 3,5 dan 7,2 mg / dL, sedang pada wanita berkisar antara 2,6 hingga 6 mg/dl.

Kadar asam urat yang lebih tinggi dari normal, mungkin dikarenakan beberapa hal seperti asidosis, alkoholisme, efek samping kemoterapi, kencing manis, olahraga yang berlebihan, encok, hipoparatiroidisme, keracunan timbal, leukemia, penyakit ginjal kistik medula, nefrolitiasis, polisitemia vera, diet kaya purin, gagal ginjal, toxemia kehamilan.

CARA MENGATASI ASAM URAT

Penyakit encok terjadi pada sekitar 1 dari 200 orang dewasa. Kondisi ini dapat memengaruhi semua orang, tanpa memandang usia dan jenis kelamin, tetapi pria lebih mungkin mengalaminya daripada wanita. Biasanya, penyakit encok ini terjadi pada kelompok usia 30-50 tahun pada laki-laki, sementara pada perempuan lebih banyak ditemukan pada mereka yang telah mengalami menopause. Sedangkan, kelompok usia remaja dan anak-anak sangat jarang mengalami penyakit ini.

Sedangkan kadar asam urat yang lebih rendah dari normal, kemungkinan disebabkan oleh beberapa hal seperti sindrom fanconi, diet rendah purin, Syndrome of inappropriate antidiuretic hormone (SIADH) secretion, penyakit wilson.

Gejala gangguan asam urat diantaranya :
  • Daerah persendian terasa nyeri, ngilu, linu, kesemutan dan terjadi pembengkakan serta peradangan berwarna kemerahan.
  • Rasa nyeri pada sendi biasanya terjadi pada pagi hari saat bangun tidur maupun pada malam hari.

Rasa nyeri terjadi secara berulang-ulang
Pada kasus yang lebih parah, daerah persendian akan terasa sakit saak digunakan untuk bergerak.
Organ tubuh yang biasanya terserang adalah sendi jari kaki, jari tangan, lutut, tumit, pergelangan tangan, maupun siku.

Penyebab
Penyebab asam urat tinggi sebenarnya ada banyak, Seseorang yang memiliki tingkat asam urat yang tinggi dapat disebabkan ketika tubuh menghasilkan asam urat yang baik maupun ketidakmampuan organ ginjal untuk menghilangkan asam urat dengan cepat.


Tingkat asam urat tinggi dapat menyebabkan serangan semakin sering gout, atau mungkin tidak pernah menimbulkan masalah. Tingkat asam urat yang tinggi juga dapat menyebabkan beberapa orang untuk mengembangkan batu ginjal atau gagal ginjal. Dan beberapa orang dengan kadar asam urat tinggi juga mengalami tekanan darah tinggi, penyakit jantung atau penyakit ginjal kronis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

OBAT ASAM URAT DI APOTIK

CARA ALAMI MENGOBATI PENYAKIT ASAM URAT